Sering kali kita mendengar istilah Coaching beberapa tahun belakangan ini. Pertanyuaannya Apa itu Coaching?

Coaching adalah Hubungan kemitraan dengan level trust (kepercayaan) yang sama. Arti secara detilnya Coaching adalah sebuah PROSES perjalanan menjelajahi diri, pikiran, perasaan yang diikuti oleh TINDAKAN yang berasal dari dalam diri Coachee melalui hubungan antara Coachee dan Coach.

Menurut Lembaga Coach International (ICF) : “Coaching is partnering with clients in a thought-provoking and creative process that inspires them to maximize their personal and professional potential.”

Artinya, Coaching sebagai bentuk kemitraan bersama klien (Coachee) dalam proses yang memprovokasi pikiran dan proses kreatif yang menginspirasi mereka untuk memaksimalkan potensi personal dan profesional.

Untuk lebih detilnya, mari kita bedah satu persatu arti dari coaching di atas.

Coaching adalah Sebuah Proses. Proses disini adalah serangkaian langkah atau tahapan yang dilakukan dengan berulang (beberapa kali) untuk mencapai sebuah hasil yang diinginkan. Jadi Coaching merupakan sebuah proses tidak instant sekali ketemu jadi. Tapi ada langkah atau tahapan2 yang harus dilalui oleh seorang Coachee lewat proses Coaching untuk mencapai hasil yang ingin dicapai.

Perjalanan Menjelajahi diri, pikiran dan perasaan merupakan sebuah proses dari seorang coachee untuk mengenal dirinya sendiri lebih dalam lagi. Baik melihat values / nilai dalam dirinya, menggali potensi dalam dirinya yang mungkin selama ini belum tergali.

Hubungan antara Coach dengan Coachee dalam sebuah Coaching, merupakan sebuah hubungan kemitraan. Dalam hal ini sang Coach akan melakukan kerja sama atau kolaborasi dengan sang coachee untuk menggali potensi diri sang coachee. Di sini butuh terjalinnya hubungan yang baik antara coach dan coachee.

Kemitraan di sini artinya adalah sebuah konsep kerja sama antara coach dengan klien. Dalam hal ini sang coach memposisikan dirinya sebagai mitra sejajar dengan coachee. Seorang Coach wajib menjaga netralitas hubungan dan saling menghargai satu sama lain.

Proses Stimulasi ialah proses seorang Coach untuk membantu sang coachee menemukan potensi dalam dirinya dengan cara melakukan stimulasi atau provokasi dengan cara mengajukan pertanyaan kepada coachee.

Tujuan akhir dari Coaching adalah untuk memaksimalkan potensi pribadi atau profesional sang Coachee. Kita percaya semua orang dalam hidupnya memiliki potensi yang luar biasa yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, hanya saja ada yang belum tau atau ada yang sudah tau tetapi belum dapat memaksimalkannya.

Menurut Anthony Robbins dalam bukunya Awaken The Giant, menyajikan langkah demi langkah untuk  menciptakan perubahan bagi diri kita. Diantaranya adalah menaikkan standard hidup kita, memiliki keyakinan yang kuat untuk berhasil dan strategi perubahan untuk mencapai hasil terbaik dalam hidup kita.

Manusia dari lahir sudah memiliki sebuah power atau kelebihan yang di bawa, tetapi dengan berjalannya waktu kelebihan itu kadang tidak tergali entah karena memang tidak pernah menggalinya atau memang tidak mau mengembangkan kelebihannya. Nah dengan serangkaian Proses Coaching lah seseorang akan diajak untuk menggali dan menemukan potensi dalam dirinya serta mengembangkannya secara maksimal.

Tetapi di lapangan masih banyak orang / pemimpin yang salah kaprah mengenai coaching, mereka sulit membedakan apa itu coaching, konseling, mentoring dan Training. Yang lebih parahnya lagi banyak karyawan yang malas untuk di coaching karena mereka bilang kalau di coaching itu di ‘keramas’ sama atasannya.

Untuk menghindari pengartian yang salah, saya akan coba menjelaskan perbedaan istilah – itilah dan fungsi serta kegunaan masing – masing.

MENTORING

Mentoring adalah sebuah proses mentransfer ilmu pengetahua, keahlian atau ketrampilan dari seorang mentor kepada mentee dan dilakukan dengan dukungan dalam rangka pengembangan karir sang mentee. Karena bentuknya pendampingan, maka seorang mentor haruslah seseorang yang ahli di bidang yang akan di mentoringnya.

Contoh Mentor bisnis, sang mentor harus memang seorang bisnisman dan sudah terbukti berhasil menjalankan usahanya sehingga dia dapat mendampingi kliennya untuk mengembangkan bisnis sang klien.

Pendampingan di sini dilakukan dengan cara mengajarkan, memberikan contoh membimbing dan hal lainnya agar sang mentee dapat belajar melakukan proses pengembangan.

TRAINING

Pelatihan atau yang lebih sering dikenal dengan istilah training merupakan proses untuk mentransfer ilmu dan pengetahuan dari seorang trainer kepada peserta training. Lewat training ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya dalam menunjang peningkatan kinerja.

Dalam training proses yang dilakukan biasanya sang trainer akan memberikan pembelajaran kepada peserta training lewat proses pemberian informasi, pengetahuan dan pengalaman sang trainer.

Contoh Training Leadership, sang trainer akan mengajarkan kepada para peserta pengetahuan bagaimana untuk menjadi seorang yang memiliki kemampuan leadership atau kepemimpinan.

KONSELING

Konseling merupakan sebuah cara pendekatan untuk meningkatkan mental atau kejiwaan sang konseli. Biasanya ini dilakukan untuk orang – orang yang memiliki masalah baik dalam diri pribadi maupun pekerjaan.

Sang konselor akan coba membimbing konseli untuk keluar dari masalah masa lalunya yang dapat menghambat hidup pribadi maupu karirnya. Sang konselor akan mencoba membantu konseli mencari akar masalah dan melakukan healing dari akar masalah tersebut.

COACHING

Seperti sudah kita bahas panjang lebar di atas, Coaching sebuah proses untuk membantu Coachee menggali potensi dirinya dan memaksimalkannya dalam proses kemitraan bersama seorang Coach.

Coaching sendiri berfokus pada masa kini dan masa depan dan tujuan yang ingin dicapai oleh seorang coachee.

Banyak Perusahaan – perusahaan besar yang sudah memahami bahwa pentingnya untuk melakukan coaching baik untuk para pemimpin atau manajemen bahkan sampai tingkat karyawan.

Bahkan seorang CEO Perusahaan raksasa dunia GOOGLE yaitu Eric Schmidt mengatakan bahwa setiap orang membutuhkan Coach. Kehadiran seorang coach dapat membantu membuka cakrawala pemikiran seseorang, membantu mengidentifikasikan potensi seseorang untuk terus belajar, bertumbuh dan berkembang. (Chicken soup :  Inspiring Word of The Trainers)

Menurut Bill Gates , ex-CEO Microsof mengatakan, setiap orang yang ingin menjadi lebih baik atau sukses, butuh seorang coach.

Jika saja orang – orang besar dunia, paham betul dan sadar kalau mereka memerlukan seorang coach, pertanyaannya BAGAIMANA DENGAN ANDA?

Apakah Anda merasa tidak butuh Coah? Jika Anda ingin lebih berkembang lagi dan berusaha untuk menemukan dan mengembangkan secara maksimal potensi diri anda, carilah seorang Profesional Coah yang dapat menjadi mitra Anda.

Silahkan simak Youtube : Why Coaching in the workplace and Why Now? Anda akan dapat mempelajari lebih jauh mengenai pentingnya Coaching baik bagi Pribadi maupun Perusahaan.

Angels Coach Solution memberikan jasa Profesional Coach. Dengan Coach yang sudah tersertifikasi, kami dapat menjadi Mitra Anda dalam menemukan dan mengembangkan potensi diri Anda, baik potensi pribadi maupun profesional.

Silahkan Hubungi Kami di 0815 918 7959 untuk keterangan lebih jauh. Kami akan dengan senang hati menjelaskan hal ini.