Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan dan pengembangan karyawan pada sebuah perusahaan sangat erat hubungannya dengan hasil kinerja dari SDM tersebut. Pelatihan karyawan dilakukan dengan tujuan agar para karyawan memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mereka lakukan.

Pelatihan dan pengembangan SDM yang tepat, dapat memberikan efek yang baik kepada karyawan. Karyawan dapat mengembangkan dirinya kea rah yang lebih baik lagi dan dapat menghasilkan karya terbaiknya bagi Perusahaan.

Apalagi Pada masa sekarang ini, persaingan bisnis yang semakin ketat dan keras, maka produktivitas SDM harus ditingkatkan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Program pelatihan dan pengembangan SDM harus disiapkan, dianggarkan sebaik mungkin sesuai kebutuhan Perusahaan dan dilaksanakan agar dapat mengatasi permasalahan ini.

Lalu apa itu Pelatihan dan Pengembangan SDM? Yuk kita simak definisinya agar tidak salah dalam penerapannya.

Pelatihan atau lebih sering disebut sebagai Training merupakan suatu proses pendidikan jangka pendek yang mempergunakan prosedur yang sistematis dan terorganisasi, sehingga pegawai non manajerial mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknis dalam tujuan tertentu.

Pelatihan lebih diarahkan kepada peningkatan kemampuan dan keahlian Sumber Daya Manusia dalam organisasi atau perusahaan yang berkaitan dengan jabtan atau fungsi yang menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan saat ini (current job oriented). Sasaran yang ingin dicapai dan suatu program pelatihan adalah peningkatan kinerja individu dalam jabatan atau fungsi saat ini.

Pengembangan atau development merupakan suatu proses pendidikan jangka panjang yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisasi, diterapkan kepada pegawai manajerial yang mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk mencapai tujuan yang umum.

Pengembangan merupakan usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual , dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan / jabatan melalui pendidikan dan latihan. Selain itu Pengembangan (development) juga dapat diartikan sebagai suatu cara mempersiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau yang lebih tinggi dalam perusahaan atau organisasi.

Dengan demikian, istilah pelatihan ditujukan pada pegawai pelaksana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis, sedangkan pengembangan ditujukan pada pegawai tingkat managerial untuk meningkatkan kemampuan konseptual, kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memperluas human relation.

Silahkan simak artikel : Karyawan adalah aset penting Perusahaan

Jenis – Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM

  • Pelatihan dan Pengembangan Skill

Pelatihan keahlian atau training merupakan pelatihan yang sering di jumpai dalam organisasi.. Program skill training relatif sederhana seperti menilai kebutuhan atau kekurangan dan kemudian diidentifikasi melalui penilaian yang teliti. kriteria penilalan efekifitas pelatihan juga berdasarkan pada sasaran yang diidentifikasi dalam tahap penilaian.

  • Pelatihan dan Pengembangan Ulang

Pelatihan ulang atau lebih dikenal dengan istilah retraining yaitu dengan cara meningkatkan keahlian yang dibutuhkan oleh karyawan untuk menghadapi tuntutan kerja yang kadang berubah-ubah. Diharapkan lewat pelatihan ulang ini, karyawan dapat lebih percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan.

  • Pelatihan dan Pengembangan Kreativitas

Merupakan pelatihan dengan cara memberikan peluang untuk peserta mengeluarkan gagasan sebebas mungkin berdasarkan pada nilai rasional. Gagasan tersebut nantinya dapat dikembangkan untuk membangun perusahaan yang lebih baik.

  • Pelatihan dan Pengembangan Lintas Departemen

Adalah pelatihan yang melibatkan karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain pekerjaan yang ditugaskan. Dalam pelatihan ini, karyawan departemen A akan melakukan aktivitas pekerjaan departemen B.

  • Pelatihan dan Pengembangan Team
    Pelatihan tim dilakukan dengan bekerja sama yang terdiri dari sekelompok individu untuk menyelesaikan pekerjaan demi tercapainya tujuan bersama dalam sebuah tim kerja.

Melihat pentingnya Pelatihan dan Pengembangan SDM bagi keberlangsungan Perusahaan, maka Manajemen harus serius memikirkannya dan membuat program serta budget untuk melaksanakannya.

Tahapan Dalam Menyusun Pelatihan dan Pengembangan SDM

  • Lakukan Training Need Analis

Identifikasikan apa saja kebutuhan akan pelatihan. Lakukan Analisis terlebih dahulu masalah pelatihan kemudian tentukan prioritas apakah masalah tersebut mendesak ataukah penting.

Kita harus melihat dari kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan masa depan, Gap dari kondisi itulah yang dijadikan salah satu penentu akan training.

Ada tiga analisis kebutuhan pelatihan dan pengembangan, Yaitu:

  • Analisa Organisasi

Menganalisa tujuan organisasi, sumber daya yang ada, dan lingkungan organisasi yang sesuai dengan kenyataan. Biasanya dilakukan dengan membuat sebuah penilaian dan survey sudah sejauh mana tujuan dari organisasi tercapai, keadaan SDM yang ada dan lingkungan Perusahaan.

  • Analisa Tugas dan Pekerjaan

Analisis pekerjaan dan tugas merupakan dasar untuk mengembangkan jobdes yang sudah ada selama ini apakah memang sudah sesuai atau ada yang harus diperbaiki dengan meningkatnya waktu maupun target Perusahaan

  • Analisa Karyawan

Analisis karyawan difokuskan pada identifikasi khusus kebutuhan pelatihan bagi pegawai yang bekerja pada jabatannya. Kebutuhan pelatihan pegawai dapat dianalisis secara individu maupun kelompok, biasanya dilakukan lewat penilaian kinerja karyawan.

  • Penetapan Tujuan Pelatihan dan Pengembangan

Sasaran dan tujuan pelatihan yang dibuat dipakai sebagai suatu system panduan dan acuan kegiatan yang hendak dicapai oleh pelatihan dan pengembangan tersebut.

Tujuan dapat dibedakan dalam tiga bagian kawasan yaitu:

Kognitif, berorientasi pada penambahan kemampuan peserta.

Afektif, berhubungan dengan sikap (attitude), minat, sistem, nilai dan emosi.

Psikomotorik, berorientasi pada keterampilan peserta sehingga terampil dalam suatu kegiatan tertentu.

  • Penetapan Penilaian Hasil Pelatihan dan Pengembangan

Untuk mengukur keberhasilan dari program pelatuhan dan pengembangan SDM yang dilakukan, perlu di buat suatu system penilaian yang baik sehingga dapat mengukur berhasil atau tidaknya program tersebut.

  • Menentukan Metode Pelatihan dan Pengembangan

Hal penting lainnya adalah membuat silabus dalam menentukan metode pelatihan dan pengembangan yang akan dijalankan. Hal ini juga dengan memperhatikan trainer yang dimiliki Perusahaan, tempat pelatihan, budget dan lain sebagainya.

Beberapa Metode Pelatihan dan Pengembangan :

  • On The Job Training

Pelatihan dimana para peserta yang mengikuti latihan langsung bekerja di tempat untuk belajar dan meniru suatu pekerjaan di bawah bimbingan seorang pengawas. Contohnya Pelatihan mengelas, peserta selain mendapatkan teori mereka juga langsung melakukan praktek di sana.

  • Training

Pelatihan dari seorang trainer kepada peserta dimana sang trainer membagikan pengetahuannya dan diharapkan lewat training ini, peserta dapat meningkatkan kemampuannya lewat materi yang dibawakan sang trainer.

  • Job Rotation

Metode ini dilakukan dengan cara peserta pelatihan ditugaskan untuk berpindah dari satu bagian ke bagian pekerjaan yang lain dalam satu perusahaan, dengan interval yang terencana, sehingga diperoleh pengalaman kerja.

  • Case Study

Sebuah metode pelatihan dengan cara karyawan diminta untuk menganalisa suatu masalah dan memberikan solusi yang terbaik dari masalah tersebut.

Inilah beberapa metode training, masih banyak metode training lainnya yang bisa dilakukan dalam rangka pelatihan dan pengembangan Karyawan.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh jika sebuah Perusahaan atau Organisasi mau serius untuk memikirkan pelatihan dan pengembangan bagi karyawannya.

Secara Umum manfaat dari pelatihan dan pengembangan yaitu :

Meningkatkan kuantitas dan kualitas dari produktivitas karyawan

Mengurangi waktu belajar yang diperlukan karyawan untuk mencapai standar kinerja dari Perusahaan

Memenuhi kebutuhan perencanaan semberdaya manusia

Membantu karyawan dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka.

Membentuk sikap, loyalitas, dan kerjasama yang lebih menguntungkan.

Mengurangi frekuensi dan biaya kecelakaan kerja.

Melihat manfaat dan strategisnya pelatihan dan pengembangan SDM di sebuah perusahaan maka merupakan sebuah keharusan bagi organisasi atau Perusahaan untuk memikirkan dengan serius program pelatihan dan pengembangan SDM dalam memaksimalkan manajemen SDM di perusahaan tersebut.

Jika Anda atau perusahaan Anda membutuhkan partner dalam memikirkan bagaimana pelatihan dan pengembangan yang terbaik bagi karyawan Anda yang sesuai dengan kebutuhan Perudsahaan atau bisnis Anda, silahkan Anda menghubungi kami dari Angels Coach Solution. Kami merupakan Konsultan yang bergerak di bidang Sumber Daya Manusia.

Dengan mengusung tema One Stop Service SDM, dengan bekerja sama dengan kami, Anda akan mendapat banyak manfaat karena konsultan kami memiliki banyak latar belakang yang menguasai tentang sumber daya manusia.

Silahkan hubungi email kami ke angelscoachsolution@gmail.com atau hubungi 0815 928 7959 dengan senang hati dan professional kami akan menjadi partner dalam mengembangkan SDM di Perusahaan Anda.

Terima kasih

One Reply on “Pelatihan dan Pengembangan Karyawan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.