Karyawan Aset Penting Perusahaan

Apakah slogan di atas masih berlaku di era digital dan menuju robotic saat ini dan mendatang? Karyawan adalah ASET Layaknya aset, tanpa faktor karyawan, sehebat apapun perusahaan memiliki teknologi terkini, tetap akan terganggu dan tidak bisa berjalan dengan baik.

Tetapi pada prakteknya, sering kali kita menemui karyawan yang resign hanya gara-gara kecewa dengan perusahaannya. Kecewa karena mendapat perlakuan yang tidak baik. Banyak perusahaan yang tidak melihat karyawan sebagai aset (manusia) secara utuh yang mempunyai segi emosi, segi kesehatan, segi ekonomi, segi pengakuan diri, dll

Seringkali keputusan yang diambil perusahaan hanya terlihat menguntungkan perusahaan saja tanpa memikirkan akibat yang timbul diantara karyawannya. Walaupun sebenarnya keputusan itu baik, tetapi jika tidak ada komunikasi antara manajemen perusahaan dengan karyawan untuk menjembatani maka efek negative yang dapat ditimbulkan.

Kalau kita mau belajar dari Perusahaan – perusahaan besar dan raksasa baik di Indonesia maupun dunia, mereka sangat mengakui bahwa Karyawan merekalah merupakan salah satu asset yang paling penting dalam kesuksesan bisnis mereka.

Mereka menjadikan karyawan sebagai aset yang perlu dilindungi dan ditangani dengan professional dan sangat baik. Mereka memberi imbalan karyawan tidak sekedar gaji yang layak, tapi juga unsur jaminan kesehatan, perkembangan karir, kesehatan jiwa, lingkungam, dukungan positif dari manajemen, ketegasan dalam menjalankan peraturan, desain kantor yang bagus dan budaya perusahaan yang positif. Membuat karyawan puas bekerja di perusahaan memang bukan hal yang gampang, tapi bukan hal mutlak yang tak bisa dijalankan.

Toyota salah satu perusahaan raksasa automobile sangat jelas terlihat bahwa mereka begitu menghargai karyawannya dengan memberikan reward dan pujian bagi karyawan yang bersungguh-sungguh. Toyota melakukan pendekatan yang sangat manusiawi dan menempatkan karyawannya pada bagian penting dari suatu sistem, tidak hanya sekadar pekerja. Inilah salah satu yang membuat orang sangat bercita – cita ingin bekerja di Toyota dan bangga jika bekerja sebagai bagian dari keluarga Toyota.

Dengan membuat karyawan bangga dan puas bekerja di sebuah Perusahaan, mereka akan menjadi orang terdepan untuk menumbuhkan maupun sebagai tameng perusahaan. Karyawan akan berbuat apa semaksimal mungkin yang mereka bisa agar perusahaannya maju pesat.

Mereka melihat bahwa perusahaan adalah rumah milik mereka. Rumah yang akan dipertahankan sebaik mungkin dari gangguan, rumah yang akan terus menerus diperbagus agar nyaman ditinggali, dan tempat keluarga karyawan tumbuh bersama.

Jika kita sadar bahwa karyawan kita adalah asset Perusahaan kita yang paling berharag yang dapat menentukan kesuksesan bisnis dan usaha kita, maka pentinglah kita memikirkan dengan serius bagaimana cara kita membuat asset tersebut (karyawan) bisa berkembang dengan baik dan menghasilkan hasil kerja yang maksimal. Silahkan simak beberapa hal untuk mengembangkan asset Perusahaan kita yang Angels Coach Solution pelajari dan bagikan.

  • Tempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat

Pastikan menempatkan kandidat yang akan dipilih benar-benar cocok pada posisinya. Satu hal yang pasti, orang yang tepat pada posisi yang tepat dapat memberikan kontribusi maksimal dan mengurangi resiko turnover.

Pastikan memang kompetensi dan skill kandidat memang sesuai dengan posisi di mana nanti dia akan bekerja.

  • Persiapkan Onboarding Karyawan baru sebaik mungkin

Banyak terjadi ketika ada orang baru masuk, mereka kebingungan karena setelah dikenalkan di kasih tempat duduk dan meja kerja lalu mereka ditinggal tanpa tau harus mengerjakan apa. Dukunglah karyawan yang baru masuk kerja sebaik mungkin untuk beradaptasi dan mempelajari flow kerja perusahaan. Pertemukan dengan orang-orang yang akan menjadi partner kerjanya, serta berikan dasar prosedur kerja yang digunakan. Berikan apa yang diperlukan karyawan tersebut agar bisa bekerja optimal secepatnya.

  • Memberikan Apresiasi Bagi Karyawan

Seringkali Perusahaan lupa memberikan apresiasi bagi karyawannya. Padahal karyawan akan merasa sangat senang jika apa yang dilakukannya mendapat perhatian serta apresiasi dari perusahaan. Perhatikan data kinerja setiap karyawan untuk mengetahui karyawan mana yang memberikan kinerja paling menonjol. Berikan apresiasi secara konsisten. Artinya tidak berarti karyawan yang telah mencatat kinerja baik bulan ini akan melakukan hal yang sama.

  • Bangun Komunikasi yang Baik antara Karyawan dan Management

Banyak Perusahaan yang membedakan cara pendekatan dan komunikasi antara manajemen dan karyawan. Padahal seharusnya managemen sadar bahwa karyawan – karyawan itu adalah bagian dari keluarga mereka juga dalam Perusahaan. Penting sesekali mengadakan acara yang melibatkan antara seluruh karyawan dengan manajemen.

Adakanlah pertemuan secara berkala di mana seluruh pegawai dapat menyampaikan ide, saran, dan pertanyaan-pertanyaan mereka. Sebaiknya Manajemen memberikan jaminan bahwa para karyawan bisa bicara dengan terbuka tanpa harus takut kepada para atasan. Dengarkan dan responlah dengan baik, sehingga karyawan Anda merasa dihargai sebagai bagian penting perusahaan.

  • Berikan Kesempatan Berkembang

Meskipun tidak setiap orang dalam Perusahaan dapat maju ke level yang lebih tinggi di dalam perusahaan, upaya ini harus tetap dilakukan. Stabilitas SDM di tempat kerja akan lebih terjaga apabila perusahaan dapat mempromosikan karyawannya saat ini ketimbang mempekerjakan karyawan baru untuk mengisi posisi yang lebih tinggi.

Team HRD atau manajemen bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan dapat membantu mereka untuk tetap berkembang melalui pelatihan, tanggung jawab baru, dan berbagai tantangan.

  • Berikan Fasilitas Bekerja Yang Nyaman dan Mendukung untuk Bekerja

Kenyamanan dan keamanan dalam bekerja merupakan salah satu factor yang dapat memnbuat karyawan dapat bekerja dengan maksimal dan memberikan kontribusi terbaik dalam dirinya. Fasilitas kantor yang mendukung akan membuat karyawan lebih semangat dalam bekerja.

Perusahaan2 Raksasa sekelas Google, Amazon menyadari pentingnya hal ini. Mereka membuat ruang kerja yang nyaman, ruang bersantai, ruang olah raga dan lain sebagainya. Hal ini banyak di tiru oleh perusahaan2 startup saat ini.

  • Berikan kesempatan istirahat yang cukup bagi karyawan

Mengejar target memang sangat penting bagi keberlangsungan sebuiah Perusahaan. Namun, target tersebut jangan dijadikan sebuah alasan untuk bisa memperkerjakan karyawan dengan mengabaikan waktu istirahat mereka.Berikanlah waktu libur yang cukup bagi karyawan Anda.

Waktu libur yang diberikan kepada karyawan Anda akan memberikan efek semanat baru bagi karyawan Anda. Sehingga ketika mereka bekerja kembali bisa mengerjakan pekerjaan tanpa beban lain yang dihadapinya.

Masih banyak hal lainnya yang bisa Perusahaan lakukan agar karyawannya bisa berkembang secara maksimal. Pihak perusahaan dan karyawannya sejatinya harus bisa bekerjasama. Karena tanpa keduanya, sebuah perusahaan tak akan berjalan dengan baik.

Karyawan sejatinya harus melakukan kewajiban yang telah ditetapkan perusahaan yang sesuai dengan job desknya. Begitu pula dengan perusahaan harus memenuhi hak karyawan bila kewajiban sudah ditunaikan.

Selamat mengembangkan salah satu Aset terpenting Perusahaan Anda yaitu karyawan Anda. Jika Anda ingin bertukar pikiran tentang bagaimana cara mengembangkan Karyawan di Perusahaan atau Organisasi Anda, silahkan hubungi Angels Coach Solution di 0815 928 7959 atau silahkan email kami ke angelscoachsolution@gmail.com

Terima kasih

2 Replies to “Karyawan Aset Penting Perusahaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.