Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Karyawan lesu, karyawan sering tertangkap kurang semangat, karyawan terlihat kerja hanya sesuai tugas? Jika ini terjadi di Perussahaan Anda, ini tanda – tandanya ada gejala kurang semangat atau kurang motivasi dalam bekerja.

Apa sih itu Motivasi kerja ? Motivasi kerja adalah suatu alasan yang mendorong karyawan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Sebagai seorang Pemilik usaha atau seorang manager, kita perlu tahu dan mengenal apa saja hal – hal yang bisa memotivasi karyawan Anda dalam bekerja.

Simak Artikel : Karyawan Adalah Aset Penting Perusahaan

Motivasi sendiri artinya ialah :

1 dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu;

2 Psi usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya;

Saat seseorang pertama kali diterima bekerja, akan terlihat motivasi yang bernyala – nyala dalam diri mereka, tetapi dengan berangsurnya waktu, kadang motivasi dapat luntur. Motivasi dalam bekerja dapat berangsur-angsur menghilang di tengah tumpukan beban pekerjaan yang tinggi.

Dampak dari semangat kerja yang rendah akan terlihat pada kinerja karyawan yang semakin memburuk, produktivitas yang semakin rendah, dan pada akhirnya akan menghambat tercapainya tujuan perusahaan.

Untuk mengembalikan semangat seseorang untuk bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi Perusahaan, dibutuhkan  peranan seorang pemimpin yang mampu memompa kembali semangat mereka.

Memahami motivasi kerja karyawan masing-masing akan mempermudah komunikasi. Mengetahui motivasi kerja sangat membantu dalam pengambilan keputusan dibidang manajemen sumber daya manusia yang digawangi oleh Human Resource Departement (HRD).

Lantas, langkah apa saja yang perlu dilakukan pemimpin untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di perusahaan?

Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan dalam Bekerja.

  1. Miliki Hubungan Yang Baik Dengan Karyawan Anda

Semakin besar Perusahaan, maka tantangan dalam mebangun hubungan yang baik dengabn karyawan akan semakin sukar di capai. Padahal jika kita ingin karyawan – karyawan kita bisa menghasilkan kontribusi terbaik bagi Perusahaan kita adalah dengan kedekatan dan hubungan yang baik antara manajemen dan karyawan.

Ada sebuah contoh dari sebuah perusahaan yang melakukan program “Secangkir Kopi Di Senin Pagi” dengan karyawannya. Setiap minggunya, Manajemen perusahaan akan memilih dan mengajak karyawannya untuk berbicara selama 30 menit sampai 1 jam.

Isi pembicaraan bisa saja tidak berhubungan dengan pekerjaan. Hal ini dilakukan untuk menambah kedekatan antara pemimpin perusahaan dengan karyawannya.

Dengan begitu, karyawannya pun akan merasa bahwa mereka benar-benar dihargai dan diperhatikan.

  • Dengarkan Masukan Dari Karyawan

Kecenderungan kita sebagai Manusia ialah ingin didengarkan. Oleh karena itu penting untuk management memberikan waktu kusus untuk mendengarkan masukan – masukan dari karyawan Anda.

Perusahaan yang baik memberi kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kreativitas melalui ide-ide baru karyawan. Setiap pendapat, pemikiran atau ide adalah hasil dari buah pikiran

Hargailah semua masukan dari Karyawan Anda, walau kadang terkesan itu sederhana atau kurang masuk akal. Itu salah satu tandanya mereka perduli dengan Perusahaan Anda.

  • Lakukan Kegiatan yang Dapat Membangun Teamwork

Hubungan antar karyawan juga penting untuk terus dipelihara dan ditingkatkan. Hubungan kekeluargaan yang erat sesama karyawan akan membuat mereka merasa nyaman dalam bekerja dan loyalitas terhadap perusahaan akan semakin meningkat. Hal ini bisa dibangun dengan mengadakan gathering atau pertemuan rutin setiap bulan untuk menjalin keakraban para karyawan di perusahaan.

  • Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Baik

Lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif dapat meningkatkan motivasi seseorang untuk bekerja. Bagaimana karyawan Anda dapat bekerja dengan semangat jika kondisi ruangan kerja tidak nyaman.

Usahakanlah untuk menciptakan ruangan atau tempat kerja yang nyaman dan kekeluargaan.

lingkungan kerja yang nyaman memrupakan faktor penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Lingkungan kerja dapat berupa fasilitas kerja seperti: bonus, tunjangan, asuransi, suasana kerja seperti: suhu, kebisingan, udara, bau, keamanan dan lokasi.

  • Kenalilah Karyawan Anda

Untuk Perusahaan – Perusahaan besar memang akan sulit dilakukan management, tetapi management bisa memakai fungsi manager atau supervisor untuk mengenali karyawan mereka. Kenal di sini bukan hanya sekedar kenal tetapi membina hubungan social dengan karyawan.

Sikap perhatian dan peduli akan membuat karyawan merasa segan karena mereka diperhatikan oleh Perusahaan. Banyak cara bisa dilakukan seperti Mengenal dan mengetahui kondisi keluarga karyawan dapat memberi gambaran akan kepribadian dan karakter karyawan tersebut.

  • Berikan Training

Terkadang pekerjaan yang rutin setiap hari dapat membuat seseorang merasa bosan. Kebiosanan dapat berdampak dengan menurunnya gairah dalam bekerja. Perusahaan perlu memikirkan untuk mengadakan pelatihan atau training demi meningkatkan semangat karyawan Anda.

Simak artikel Pelatihan dan Pengembangan Karyawan.

  • Jenjang Karir

Apa jadinya jika seseorang bertahun – tahun lamanya di posisi yang sama? Wah ini pernah terjadi di sebuah Perusahaan, ada karyawan yang sudah 15 tahun bekerja dengan jarak kantor dan rumah bisa kurang lebih 2 jam naik motor tapi posisi dari awal sampai 15 tahun tidak berubah. Ini terlihat jelas karyawan tersebut sudah ogah – ogahan hanya tinggal menunggu pensiun.

Adanya jenjang karir yang jelas membuat karyawan semakin termotivasi dalam melakukan pekerjaanya. Kondisi tersebut disebabkan karyawan merasa bahwa bekerja di perusahaan tersebut akan menjamin dirinya di masa datang.

  • Berikan Pujian Yang Tulus

Kadang sebagai atasan, kita kurang dalam memberikan pujian bagi karyawan kita. Jangan pelit dalam memberikan pujian. Setiap orang senang mendengarkan pujian termasuk bawahan anda.

Kata-kata pujian yang tepat dapat memberikan semangat kerja dan memotivasi mereka agar melakukan tugas menjadi lebih baik lagi.

  • Dorong Karyawan untuk terus belajar dan Berkembang

Peran atasan sangat besar untuk dapat mendorong seseorang bertumbuh dan berkembang dalam bekerja melalui proses belajar. Usahakan untuk merangkul mereka sebagai teman dan saudara. Dorong mereka untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka.

Kadangkala ada atasan yang merasa terancam jika bawahannya memiliki ketrampilan atau kemampuan yang lebih. Padahal ini menjadi satu momen besar jika Anda sebagai atasan mampu membuat karyawan Anda semakin bertumbuh dan berkembang meskipun hasilnya melebihi Anda.

  • Berikan Reward

Berikanlah Reward kusus bagi karyawan yang berprestasi. Hal ini bisa berupa bonus, insentif atau hadiah kecil lainnya sebagai cara merayakan prestasinya.

Banyak ide – ide yang bisa Anda pikirkan untuk terus dapat membangun motivasi karyawan Anda, hanya perlu Anda memberikan waktu untuk memikirkannya dan melakukannya. Percayalah jika ini Anda lakukan, Perusahaan Anda akan menikmati hasilnya karena orang – orang yang bekerja di kantor Anda bisa terus memberikan kontribusi yang terbaik bagi Perusahan Anda.

Jika Anda membutuhkan saran lebih jauh tentang bagaimana memberikan motivasi bagi karyawan Anda, silahkan Anda hubungi kami dari Angels Coah Solution, One Stop Service SDM. Kami dengan senang hati akan memberikan masukan dan support bagi Perusahaan Anda.

Hubungi sekarang juga kami di angelscoachsolution@gmail.com atau 0815 928 7959

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.